Tuesday, July 20, 2010

Error setelah install BURG

Assalamu'alakum...


Kejadian ini terjadi di hari selasa tanggal 20 Juli 2010 11:44PM. Setelah saya coba tutorial ini DISINI, selesai saya ikuti langkah dan terakhir restart, malahan gak bisa booting dan tidak ada pilihan grub (maksudnya gak ada pilihan mau booting kemana gitu...hehe). Yang ada hanya tulisan seperti ini:

BURG version 1.98+20100309-1

Minimal BASH line editing is supported. For the first word, TAB lists possible command completions. Anywhere else TAB lists possible device or file completions.

grub>_



(jan tenan ki... masalah opo neh ki...? bahasa jawa -red). Rasa kesel, sebel, suka, duka, penasaran, dan keluarganya (hehe..komplikatet, complicated maksudnya...) jadi satu. Sudah surfing google dan dapet juga info ini: Click dan juga DISINI

Masalahnya sama, dan semua langkah juga memang benar masuk akal dan bisa di praktekkan. tapi...........

Beda banget sama laptop saya ini. Berbedanya disini, langkah2 kurang lebih seperti ini:

just try this in the grub rescue mode:
1. ls
2. set prefix=(hdX,Y)/boot/grub ( where X and Y are is your device )
3. set root=(hdX,Y)
4. insmod /boot/grub/linux.mod
5. linux /vmlinuz root=/dev/sdXY ro ( there is a link of your newest kernel at / )
6. intrd /intrd.img
7. boot
good luck
ciao
untuk langkah ke 4 (empat) dan seterusnya tidak bisa lagi alias ada something wrong (artinya ada yang salah.. tp klu bener lho ya...?ane masih belajar bahasa eng neh...). Untuk pesan error nya seperti ini:
Invalid Object Files.
Nah, pusing gak tuh..?

(Tambah komplikasi lagi neh...mana data blom di backup,projek gua,document gua... arrrggggghhh tiddddddaaaaak....masak harus install ulang????).

Kemudian saya putuskan untuk me-repair GRUB dari Live CD Ubuntu. tp hasilnya NULL a.k.a kagak ada hasil.....Unistall,remove,install lagi grub gak bisa juga.... :((

ya udah dech..ane putusin buat makan dulu karna dari td pagi blom makan (bangun kesiangan neh... gak ngampus pula..hahah).

Sekitar pulul 13:10PM saya mencoba lagi, dengan rasa penasaran yang tinggi dan saya merasa di tantang untuk ini, juga lebih semangat tentunya..(yach.. emang gitu kan cara menyelesaikan masalah...?hehe.. jangan putus semangat dlu sbelom mencoba lagi lagi dan lagi... kata orang bijak neh.. gagal itu awal dari sukses, jika kita mau mencoba lagi..)

Awalnya seh cuma coba2 tapi malah bisa. Berikut langkahnya:
saya ikuti langkah sama seperti diatas. Tetapi yang berbeda langkah no. 2 dan 4.

Langkah No. 2 diatas menggunakan grub> set prefix=(hd0,3)/boot/grub saya ganti dengan grub > set prefix=(hd0,3)/boot/burg

Kemudian, langkah No. 4:
grub > insmod /boot/burg/linux.mod 

Terakhir grub > boot

Duaaaaarrrr.. dapet dah.. bisa boot lancar n sukses...OIA langkah paling akhir ane ucapin Alhamdulillah.....

Ane langsung post neh.. kira2 2 jam ane resolve ne problem..
Lanjutan: ane install ulang langkah install BURG, dengan hati2.. karna saya baru sadar klu saya kurang 1 langkah, tp bisa fatal akibatnya..

akhir kata..
salam, xiNux3r a.k.a sinux3r


Wassalamu'alaikum

0 Comments:

Post a Comment